2020, Indonesia Jadi Negara Ke-12 Termaju di Dunia

Tahun 2020, diperkirakan Indonesia bisa menjadi negara ke-12 termaju secara ekonomi di dunia. Hal ini disampaikan oleh pendiri private equity Saratoga Capital, Sandiaga S Uno, di Jakarta, Jumat (7/5) pada saat berbicara sebagai pengajar tamu di Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Menurutnya, semakin tingginya produk domestik bruto atau PDB per kapita yang saat ini terjadi di Indonesia menjadi salah satu faktor pendukung.

Sandiaga menjelaskan bahwa pada tahun 2009, PDB per kapita Indonesia sudah mencapai 4.149,4 dollar AS dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data, jumlah orang Indonesia yang memiliki pendapatan di atas 4.000 dollar AS atau sekitar Rp 37 juta mencapai 20 juta orang dan ada 20 juta orang lainnya yang memiliki penghasilan di atas 7.000 dollar AS atau sekitar Rp 65 juta.

Kenaikan PDB per kapita itu menjadi indikasi kenaikan daya beli rata-rata pada masyarakat Indonesia. Ini merupakan ladang subur bagi pelaku bisnis dalam mengembangkan usahanya. Indonesia memiliki 3 sektor yang berpotenti besar yaitu pertanian, pertambangan, dan industri pengolahan. Pemerintah Indonesia harus fokus pada ketiga sektor ini dan mengejar ketinggalan dari negara-negara lain. Tuhan sudah menganugerahkan suatu tanah yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa namun harus dikelola dengan bertanggung jawab dan jujur.