Kapal Pesiar Terbesar di Dunia


Perkenalkan, Oasis of the Seas. Inilah kapal pesiar terbesar, terlebar, tertinggi, dan termahal di dunia! Panjangnya 360 meter, lebarnya 64 meter, dan tingginya (jika diukur dari garis permukaan laut) 65 meter. Sementara bobotnya, 225.280 ton. Hujan deras dan ombak di samudra dipercaya tidak akan bisa menggoyang Oasis.

Sekadar tahu juga, kapal ini lima kali lebih besar dari Titanic, kapal pesiar nan legendaris itu. Ia digerakkan oleh tiga buah baling-baling raksasa dan berjalan dengan sistem tarik (bukan dorong, seperti kapal pesiar pada umumnya). Menurut penelitian terkini, sistem tarik milik Oasis dapat menghasilkan daya sebesar 30.000 tenaga kuda serta meminimalkan sebagian besar hambatan dalam air.

**

Oasis dibuat di galangan kapal STX Eropa yang ada di Turku, Finlandia, selama tiga tahun, dengan biaya 1,5 miliar dollar AS. Jika dirupiahkan, sekitar Rp14,2 triliun. Biaya sebesar itu, dikeluarkan oleh Royal Caribbean International (salah satu pelaku industri kapal pesiar terbesar di dunia).


Pada tanggal 30 Oktober 2009, Oasis selesai dibuat. Ia kemudian melakukan pelayaran perdananya pada awal November, dari Denmark ke Florida, AS.

**

Orang yang beruntung menikmati keberadaan Oasis, pada umumnya akan menjuluki kapal ini sebagai "kota mandiri terapung" (modern floating city). Bagaimana tidak? Kapal pesiar mewah dengan 17 lantai dan 24 elevator ini, sanggup menampung 6.300 penumpang, ditambah 2.100 awaknya!



Untuk memanjakan para penumpangnya selama puluhan hari pelayaran, Oasis menyediakan sarana dan layanan lengkap: mulai dari ratusan hotel, butik, restoran, kafe, kasino, teater, gedung bioskop hingga lapangan golf mini, lapangan basket, lapangan voli, kolam renang, kolam arus, gelanggang es, tempat fitnes & spa, arena panjat dinding, taman kota, taman bermain, serta kebun bibit.

Hal-hal menarik yang ada di Oasis antara lain : Aqua Theatre (tempat pertunjukan dengan bantuan media air) yang ada di bagian belakang kapal, Rising Tide Bar (sebuah bar yang bisa bergerak naik-turun dari lantai 1 hingga lantai 3), dan balkon mewah di lantai teratas, yang menyuguhkan kenikmatan angin laut dan pemandangan fantastis ke laut lepas bagi para penumpangnya. Para penumpang juga dipersilakan memesan dan menikmati makanan sesukanya di atas kapal. Mereka diperbolehkan mengembalikan makanan yang salah dipesan dan hanya diminta membayar minuman beralkohol.

Hmmm... tertarik mengikuti pelayaran bersama Oasis? Siap-siap membeli tiket sebesar Rp6 juta hingga Rp47 juta. Harga, antara lain tergantung pada waktu pelayaran dan kelas yang Anda pilih.Share/Bookmark