Semua Ada Hikmahnya Lo.....

Temen-temen sering kita menghadapi banyak masalah, yang mana masalah itu sering kita anggap sebuah sial atau sebuah nasib buruk atau apalah bahasa temen2. Begini pada kesempatan kali ini saya berpikir dan merenungkan sebuah kata syukur, ya syukur,,,Kalau orang-orang Islam biasanya jika mereka bersyukur mengucapkan Alhamdulillah. Nah kita lanjut untuk membahas masalah ini dengan teliti ya....

Temen2 bersyukur itu akan membuat kita melihat apa yang sudah kita miliki. Bersyukur akan membantu kita berpikir positif, ya nggak?. Namun demikian, bukan berarti kita diharuskan hanya bersyukur saja, tanpa pernah meraih apa yang belum kita alami atau belum kita raih. Dengan mensyukuri apa yang telah kita miliki memang akan membuat kita bahagia, tetapi Allah SWT tetap memerintahkan kita untuk meraih apa yang terbaik. Allah SWT telah memberikan potensi kepada kita untuk kita pergunakan.

Salah satu alasan mengapa sebagian orang tidak mau meraih yang lebih baik karena ketakutan akan kekecewaan yang akan timbul. Mereka takut jika gagal mereka akan kecewa yang tentu saja akan merusak kebahagian yang telah mereka miliki, atau menjauhkan dari kebahagiaan yang justru belum mereka miliki. Padahal, kekecewaan bukan disebabkan oleh kegagalan, tetapi oleh sikap kita terhadap kegagalan
tersebut. So.......

Lihatlah, bacalah, bahwa kegagalan yang sama akan berdampak berbeda kepada setiap orang. Ada yang menangis sampai meratapi, ada yang kapok tidak berusaha lagi, ada yang membanting sesuatu, ada yang berteriak, ada yang marah-marah, ada yang biasa-biasa saja, bahkan ada juga yang tersenyum. Kenapa? karena mereka menyikapi kegagalan dengan cara yang berbeda. ;-)

Faktor lain yang sering membuat seseorang tidak berbahagia ialah akibat dari kehilangan sesuatu. Sedih boleh saja, tetapi janganlah sedih terus menerus yang akan menyingkirkan kebahagiaan kita. Temen2 tau tidak bahwa Rasulullah SAW sedih saat ditinggal anak, istri, dan paman beliau, tetapi beliau masih bisa sempat tersenyum setelah itu. Temen-temen tau Perang Uhudkan yang menyebabkan syahidnya puluhan sahabat beliau, tetapi apakah beliau kapok berperang?

Perang Uhud adalah suatu contoh peristiwa yang memuat contoh kegagalan dan kehilangan. Namun, dibalik itu semua ada berbagai hikmah yang patut kita renungi. Meliputi: strategi perang, soal pengorbanan, ketabahan, harga sebuah kekhilafan, sunnah perputaran, keharusan bergerak, dan siklus hidup.

Jika Rasulullah SAW beserta sahabat terbaik dididik oleh Allah SWT melalui hikmah dari suatu peristiwa, begitu juga kita teman-teman yang jauh lebih perlu untuk dididik. Allah SWT mungkin memberikan ujian berupa kegagalan dan kehilangan kepada kita untuk mengajarkan hikmah kepada kita.

)) Kisah Nyata: Cerita teman Saya ((

Kemarin, ada teman saya yang "sedikit" mengeluh tentang  bisnisnya di Purwodadi. Karena sudah beberapa hari tidak ada order.  Biasanya tidak pernah seperti ini.

Kemudian saya menyarankan satu rahasia, dan dia pun langsung  melakukan saran saya.

Sejujurnya, saya tidak mengharapkan hasil yang instant, saya  berpikir besok lusa dia akan mendapatkan order. Tetapi yang  terjadi sungguh luar biasa. Mungkin hanya dalam hitungan beberapa menit, dia langsung memberitahu saya kalau dia  dapat order sambil berkali-kali mengucapkan subhanallah.  Dia curiga kalau dia dapat order dari referensi saya.  Padahal sama sekali tidak, saya tidak kenal dengan klien dia.

Anda boleh mengatakan ini suatu kebetulan. Silahkan, namun  rahasia ini juga selalu saya gunakan, apa lagi saat bisnis  saya berjalan kurang baik. Biasanya saya menunggu paling  cepat satu hari sampai 3 hari untuk mendapatkan hasil.  Alhamdulillah tidak pernah gagal. Saya bersyukur bahwa bukan  hanya dari bisnis saya mendapatkan rezeki, tetapi dari  sumber yang tidak diduga-duga, seperti yang baru saja  terjadi hari ini. Alhamdulillah. Subhanallah.

Satu saja rahasia ini sudah luar biasa. Tinggal kita  mengoptimalkan rahasia-rahasia lain yang semuanya sudah saya  tulis di dalam catatan  otak saya: Berpikir Positif Islami.  Jika satu saja sudah luar biasa, apalagi jika kita melakukan  rahasia-rahasia lainnya. Mungkin Anda akan takjub dengan  perubahan yang Anda rasakan sendiri nanti.

Salah satu tindakan yang akan membawa kepada keberhasilan ialah tindakan yang terilhami. Jika Anda mendapatkan inspirasi hari ini, maka lakukanlah. Semoga bermanfaat kawan...sampai ketemu di tulisan berikutnya....Heruoestly anak Deso Cah Purwodadi