Satu Abad Muhammadiyah Untuk Penguatan Gerakan


Tak terasa juga Muhammadiyah sudah mencapai umur 1 abad, sudah banyak sekali cetakan-cetakan sejarah yang sudah dibuat sejak lahirnya hingga sekarang. Muhammadiyah menjadikan usia satu abad sebagai momentum penguatan gerakan atau revitalisasi untuk memperbaiki, menyempurnakan, dan mengembangkan seluruh potensi dan infrastruktur yang dimiliki.


"Dengan demikian, Muhammadiyah mampu berkiprah optimal dan tampil menjadi gerakan Islam terbesar dan unggul secara kualitatif," kata Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir.

Pada momentum satu abad milad (kelahiran) Muhammadiyah, ia mengatakan, organisasi itu memasuki perjalanan 100 tahun dengan tekad mengembangkan pembaruan atau tajdid fase kedua.

Pada babak baru tersebut, menurut dia, Muhammadiyah melakukan transformasi gerakan untuk menawarkan pemikiran alternatif dan dinamisasi masyarakat madani yang semakin otonom dan bermoral utama.


"Selain itu, juga mengembangkan basis kekuatan ekonomi, penguatan gerakan perempuan, dan reformasi amal usaha yang bertumpu pada sistem organisasi yang modern, progresif, dan mandiri," katanya.

Ia mengatakan dalam kehidupan bangsa akan semakin dikembangkan peran kebangsaan yang memberi sumbangan signifikan dalam transformasi kehidupan bangsa khususnya dalam merekonstruksi pranata sosial masyarakat berbasis kebudayaan Indonesia yang modern dan religius.

"Dalam dunia kemanusiaan global dikembangkan Islam berwajah damai dan berkemajuan seusai risalah Islam berwawasan `khaira ummah` (bangsa yang unggul) dan rahmatan lil-alamin (rahmat bagi semesta alam)," katanya.

Menurut dia, pada 8 Dzulhijjah 1430 H bertepatan dengan 25 November 2009 Muhammadiyah genap 100 tahun atau satu abad dari usia kelahirannya pada 8 Dzulhijjah 1330 H atau 18 November 1912.

"Muhammadiyah mensyukuri usia satu abad sebagai berkah Allah SWT atas pengkhidmatan yang selama ini dilakukan dalam memajukan dan mencerahkan kehidupan bangsa menuju peradaban utama," katanya.


Senangnya, o ya besuk rabu kami dari semua elemen Muhammadiyah akan datang ke Jogja untuk merayakan resepsi Milad 1 Abad, dengan pembicara Bapak Din Syamsudin....ayo temen2 semua boleh ikut kok, ini untuk umum dan Muhammadiyah...