Keajaiban Harapan


Keajaiban Harapan

Bayangkan jika hidup tanpa harapan. Mau apa lagi? Jika harapan berhasil tidak ada dan jika harapan untuk keluar dari masalah tidak ada. Harapanlah yang membuat kita tetap berhan. Setiap hari kita bekerja keras dan kita mau tetap menjalaninya tiada lain karena ada harapan akhir bulan akan mendapatkan gaji. Bagaimana jika kita tidak memiliki harapan akan gaji? Kemungkinan kita akan berhenti bekerja, karena buat apa bekerja jika tidak digaji? Begitu juga dalam kehidupan kita yang lebih luas, kita hidup dan mau menjalani hidup sebab ada harapan yang akan kita dapatkan.


Berharap adalah proses pembentukan visi dalam pikiran kita tentang masa depan yang lebih  baik. Visi yang menggambarkan kita akan keluar dari masalah yag sedang dihadapi. Jika sudah tidak ada lagi gambaran masa depan yang positif di dalam benak kita, ini artinya kita sudah tidak memliki harapan.


Semakin besar harapan, akan semakin besar motivasi diri untuk tetap bertahan dan tetap bekerja keras. Sebagai contoh jika ada dua peluang, yang pertama akan mendapatkan uang Rp 100.000 dan yang kedua Rp 1. 000.000, tentu kita akan lebih bersemangat mengejar peluang yang bias mendapatkan uang Rp 1.000.000 jika harapan tercapainya kedua peluang itu sama.


Harapan adalah salah satu sumber energy yang paling kuat dalam diri kita. Harpan memompakan semangat dalam hidup kita untuk meraih hidup yang lebih baik. Harapan juga menjadikan hidup lebih berarti. Kita lebih menghargai hidup sebab akan menghantarkan kita kepada kehidupan yang lebih baik. Dengan harapanlah kita mendapatkan sumber energy untuk terus berjalan dan berkembang.


Jika motivasi masih kurang, mungkin harapan yang kita miliki jug msaih kurang. Mungkin saja harapan terhadap sesuatu yang kita inginkan belum Nampak jelas di depan mata kita. Jika harapan sudah Nampak, maka kita akan termotivasi untuk melakukannya. Semoga bermanfaat Heru Cahyono**






Share/Bookmark