FUNGSI SOSIO-PRAGMATIK ALIH

Alih code atau lazim disebut campur code adalah suatu situasi dimana seorang penutur beralih atau mencampur satu bahasa dengan bahasa lainnya di dalam satu percakapan atau sewaktu berkomunikasi dengan orang lain. Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mengungkap dimensi sosiopragmatik dari sebuah fenomena sosial yakni prilaku bertutur yang saat ini sedang “trendy” dilakukan oleh orang Indonesia khususnya komnitas kaum elit yang lazim disebut alih /campur kode.
Penelitian ini sifatnya deskriptif kualitatif yang bertumpu pada analisis isi dan dibantu oleh dua jenis uji statistik, yakni Anova Freidman, untuk menguji dan menentukan sama tidaknya konfigurasi sintaksis dan fungsi alih kode antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris saat bertutur. Data terdiri dari 25 jam rekaman tuturan alami yang diambil dari 149 responden di 6 kota metropolitan, Jakarta, Bandung,Semarang,Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar pada 4 adegan tutur, yaitu saat seminar,rapat, dialog di TV dan ngobrol.
Hasil penelitian menunjukkan 5 pola tersebesar (dari 17 variasi) tujuan penutur beralih kode ke Bahasa Inggris sewaktu berkomunikasi dengan orang lain yakni (1) membuat pesan lebih jelas (70,4%) (2) menegaskan pesan (31,8%), (3) mengklarifikasi pesan (27,3%), (4) menunjukkan status social, elit intelektual, educated, modern, (5) menyakinkan pendengar (13,7). Demikian pula ditemukan 5 pola terbesar dari (8 variasi) motivasi atau alasan penutur beralih kode ke Bahasa Inggris, yakni (1) makna lebih komplit (54,5%) (2) lebih sederhana atau simpel (47,7%) (3) tidak ada padanan makna pada Bahasa Ibdonesia(25%) (4) tidak mempunyai motivasi atau alasan tertentu,hanya kebiasaan (18,2%) dan (5) supaya kedengaran moder, atau berpendidikan (15,9%). Penelitian ini telah membuktikan bahwa alih/campur kode antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris memiliki dimensi fungsi sosio-pragmatik yang sangat luas dan bermanfaat bagi masyarakat tutur Indonesia. Dimensi Sosdio-pragmatik ini bersentuhan erat dengan segala aspek kehidupan manusia mulai dari pemakluman identitas diri, meminta dan memberikan pelayanan, membangun serta memelihara hubungan sisial yang baik, respek, simpati sampai pada bagaimana bertingkah sesuai dengan nilai dan norma.
Kata kunci: Alih code,campur code, BI, Bahasa Inggris, sumber : http://www.unhas.ac.id/