Ditemukan, Sejenis T-rex Bertubuh Mini


Senin, 21 September 2009 | 08:49 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Sekitar 125 juta tahun lalu, sejenis Tyrannosaurus rex berbadan kecil pernah hidup di timur laut China. Walau ukurannya jauh lebih kecil dibanding T-rex , tak seorang pun ingin bertemu dengannya secara langsung.
Menurut paleontolog Paul Sereno, predator ini beratnya bisa mencapai 70 kilogram. Bisa dibayangkan, mungilnya hewan ini dibanding T-rex yang berevolusi beberapa juta tahun kemudian, dan memiliki berat 100 kali lebih besar.
"Namun, bentuknya serupa benar sehingga seperti cetak biru T-rex," papar Sereno yang merupakan pengajar di University of Chicago. "Ia seperti T-rex dalam skala kecil."
Hewan yang keberadaannya dilaporkan pertama kali di ScienceExpress, edisi online jurnal Science, itu kemudian dinamai Raptorex kriegsteini. Menurut Sereno, Raptorex memiliki semua ciri T-rex, termasuk kepala yang besar, tangan kecil dan kaki kuat, hanya dalam ukuran lebih kecil.
Raksasa T-rex mendominasi berbagai tempat di Bumi sekitar 90 juta tahun lalu hingga terjadinya kepunahan massal 65 juta tahun lalu. Sedangkan Raptorex yang hadir sebelumnya, tingginya hanya sekitar 2,7 meter bila berdiri tegak. Namun, deretan gigi tajam yang dimilikinya, menjadikannya pemangsa yang mengerikan.
Adapun fosil Raptorex ditemukan pemburu fosil di utara China, lalu diselundupkan keluar negara itu dan dijual pada kolektor bernama Henry Kriegstein dari Higham, Massachussets. Kriegstein, yang namanya kemudian dipakai untuk menyebut hewan itu, menyumbangkannya untuk ilmu pengetahuan dan berencana mengembalikan ke China.
Fosil tersebut tersimpan dalam sebuah batu. Cara hewan itu terawetkan menunjukkan bahwa ia mati di umur lima atau enam tahun, usia menjelang dewasa. Hewan-hewan ini diperkirakan menjadi dewasa pada usia delapan atau sepuluh, dan menjadi tua di usia 20.