Ramenya Buka Puasa Pertama (PD IPM KLATEN)

Untuk melaksanakan program kerja Bidang Studi Dakwah Islam Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhamamdiyah Kabupaen Klaten, yaitu dalam agenda Ramadhan 1430 H ini adalah rekaman Kultum di Radio ANDA FM dan Buka bersama di rumah temen-temen PD IPM Klaten. Untuk yang pertama kali mendapat jadwal buka bersama di tempatnya IPMawati Yuar Dwi Utami, rumahnya Tulung, dekat dengan daerah Jainom dan Boyolali.

Hari kemarin hari sabtu, tanggal 29 Agustus 2009 bertepatan jam 16.30 kita berada di tempatnya Yuar, seperti biasa sebelum kita mulai inti acara itu, kami terlebih dahulu berta'aruf bersama teman-teman yang hadir di tempat. Kita Pimpinan Daerah juga mengundang perwakilan dari temen-temen Pimpinan Cabang Jatinom dan Tulung, dan alhamdulillah dari perwakilan mereka banyak yang datang.

Acara itu langsung saya mulai setelah ada komando. Sembari menunggu buka puasa tuan rumah juga telah menghadirkan Ust. Setempat untuk mengisi kajian ilmu agama. Ust. tersebut mengajak kami untuk merenungkan sebuah peristiwa masa lampau kira-kira tahun 2002, peristiwa itu apa?ada yang ingat? ajak dan tawarn ust. kepada semua hadirin yang ada di situ. Ada yang jawab Banjir, Gempa, dan lain sebagainya.

Kejadian itu adalah jatuhnya pesawat terbang di daerah Juwiring Klaten. Ketika itu pilot sempat bingung, apa yang harus dilakukannya agar semua penumpang pesawat tetap selamat dari musibah ini. Karena pilot ini seorang Muslim Kata ust. sebelum jatuhnya pesawat itu jatuh, pilot sempat ambil wudhu/tayamum dan sholat sunnah dan berdo'a keapada Allah. Dalam do'a itu pilot memohon kepada Allah yang pertama : ya Allah Kau turunkan pesawat ini dengan aman, saya mohon turunkanlah di Sawah, atau turunkanlah di Lapangan, atau mungkin turunkanlah di Sungai. JIka kau turunkan di Rumah pasti akan menimbulkan banyak korban lagi. Jika kau berkehendak selamatkanlah penumpang pesawat yang ada disini Ya Allah. Kata ust. sambil mengeluarkan raut wajah yang sangat seriusdan hampir membuat kita terharu.

Ust. juga berkata bahwa pilot itu juga berdo'a bahwa pilot ini siap mati kapan saja, dimana saja, saya (pilot) ikhlas dan rela, asal hanya saja tolong selamatkan semua penumpang pesawat ini. Itu ketulusan seorang Muslim untuk menyelamatkan banyak orang, dan dia ikhlas jika nyawanyapun dijadikan taruhannya. La ini yang bisa kita ambil contoh, apakah kita juga sudah merasa ikhlas jika nyaws kita di ambil? kata ust. ini adalah sebuah pelajaran yang berharga banget bagi kita semua, karena hidup ini hanya milik Allah, semua yang ada di dunia ini adalah milik Allah.

Harus kita ketahui juga bahwa kita hidup ini hanya sementara, jadi jika kita masih bisa senang-senang dan berhura-hura atau malah mungkin kita masih sering melakuakan dosa dan masih belum banyak melaksanakan perintahNya. Ayo bersama-sama untuk bisa dan berusaha melaksanakan semua perintahnya dan menjauhi segala larangannNya.

Kita ketahui bersama bahwa anak-anak remaja sekarang umuran 15 - 18san tahun mereka sudah pada memanggil papa, mama, bapak, ibu dan sebagainya. Ini menunjukkan bahwa perkembangan jaman sekarang telah sangat luar biasa cepatnya, hanya gara-gara HP anak-anak sekarang bisa melakukan dan menonton sebuah Film yang sngat kotor yang seharusnya itu tidak boleh dilakukan dan di paparkan di tempat umum.

Kebanyakan remaja sekarang masih menuhankan Allah dengan benda-benda yang ada di depan mata kita, contogh kecil TV. Ketika remaja sekarang sedang asyik menonton TV dan mendengarkan adzan maghrib, mereka tidak langsung bergegas pergi ke masjid, malah masih menunggu dan melihat TV. Kebanyakan mereka menunda-nunda waktu sampai waktu sholat yang tadi sudah habis dan melanjutkan waktu sholat berikitnya. Semoga ini tidak terjadi pada diri kita. Amien..

Kembali ke permasalahan pesawat tadi, ketika pesawat itu jatuh di dirine Bengawan Solo pesawat itu dengan mulus mendarat di sirine itu, dan alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Kalau kita pikir secara logika, jika pesawat jatuh pasti akan meledak dan rusak berantakan serta bisa menimbulkan banyak korban. Mungkin kalau disamakan dengan teori Matematika 1 + 1 = 2 itu pasti, kalau Allah kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi. Ilmu Allah bukan seperti ilmu matematika seperti apa yang kita tahu.

Dengan ijin Allah pesawat itu mendarat dengan selamat dan tidak meledak, artinya itulah memperjelas kita bahwa hidup ini tidak akan lepas dari Allah swt." kata ust. Ada 3 perkara yang barang siapa mendapat ketiga-tiganya itu akan memperoleh keleztan Iman, yaitu :
1. Dan apabila seseorang itu mencintai Allah dan Rasul lebih dibandingkan yang lainnya, atau temen2 buka QS. At-Taubah ayat 24
2. Jangan sampai kita menduakan selain Allah.
3. Jihad, jihad tidak harus di artikan perang dalam medan tempur, contoh saja kita hidup di jaman sekarang sangat aneh jika kita mau ikut perang seperti di kejadian perang di Afganistan dulu dengan Irak, mereka semua menggunakan peralartan yang sangat canggih, eh malah orang2 kita yang ingin berjihad kesana hanya bermodalkan bisa silat atau sejenisnya. sangat beda, ya jelas kita akan mati, mereka menyerang dari jauh bukan langsung ketemu dengan wajah atau raga, mereka menyerang dengan jarak yang sangat jauh.

Contoh kecil Jihad di jaman sekarang yaitu jika kita hanya bisa meninggalkan komputer/Tv dari ibadah Sholat itu sudah dinamakan jihad kata ust. dan mengakhirinya, karena waktu buka sudah tiba, dan akhirnya kita semua langsung berbuka dan makan bersama. Sekian agenda bidang SDI buka bersama yang pertama kali dilakukan di rumahnya IPMawati Yuar dwi Utami, terimaksih atas segala makanan yang disedakan dan di beruikan kepada kami. semoga amal ibdah yang dilakukan mendapat balasan dari Allah swt, amien.