Kompetisi dalam Kebaikan



Dalam surga ada kamar-kamar indah yang dipenuhi dengan hiasan yang mempesona. Pemandangan dalam kamar tersebut belum pernah disaksikan di dunia ini. Adapun hiburan menarik yang belum pernah terbanyangkan. Demikian penjelasan Rasulullah tentang surga kepada para sahabat.

"Disediakan untuk siapakah kamar-kamar di surga tersebut, ya Rasulullah?" tanya salah seorang sahabat.

"Untuk mereka yang menyemarakkan salam, memberi makan kepada mereka yang membutuhkan, membiasakan puasa, dan melaksanakan shalat pada malam hari di saat orang lain sedang tidur," jawab Rasulullah.

"Siapakah yang dapat melakukan hal tersebut, ya Rasulullah?"



Rasulullah menjelaskan, yang dimaksud menyemarakkan salam adalah mereka yang selalu mengucapkan salam apabila bertemu dengan saudranya. Mereka yang menafkahi keluaraganya dengan baik dan berkecukupan adalah yang dimaksud dengan memberi makan kepada mereka yang membutuhkan. Mereka yang membiasakan berpuasa, maksudnya menahan diri dari semua hawa nafsu, bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahga. Orang yang melaksanakan shalat ketika orang lain sedang tidur adalah orang-orang yang Shalat isya dan Subuh berjamaah pada saat orang lain sedang tidur.

Sudahkah kita termasuk mereka yang dimaksud oleh Rasulullah?

By: Heroe Tjahyono