Google Earth Mendarat di Bulan


Genap 40 tahun lalu, tepatnya 20 Juli 1969, pesawat ulang alik Apollo 11 berhasil mendarat di bulan. Untuk memperingati peristiwa tersebut, Google mengekplorasi perjalanan ke bulan melalui salah satu aplikasi besutannya, Google Earth 5.0.

Melalui program bernama "Moon in Google Earth", Google akan membawa Anda seolah berjalan melintasi permukaan bulan. Peranti lunak ini akan tampil lengkap dengan peta bulan yang memungkinkan Anda mencari kawah, situs sejarah, manusia dan seni. Anda bahkan dapat melihat bulan melalui Google Street View, pun melihat para astronot yang sedang melayang-layang di permukaan bulan.

Gambar bulan pada Google Earth 5.0 dapat Anda nikmati di sini . Pada link tersebut Anda diwajibkan untuk mengunduh software Google Earth pada halaman yang tersedia. Setelah instalasi selesai, Anda dapat langsung menjalankan aplikasi Google Earth ini. Apabila program telah terbuka, Anda tinggal mencari icon dengan cincin planet pada bagian atas Toolbar, lalu pilih "Bulan" dari daftar drop-down.

Pada tahun 2005, Google dan NASA setuju untuk berkolaborasi. "Bayangkan berbagai pilihan misi Apollo 11 berada di ujung jari Anda, dan itu dapat Anda gunakan kapan pun Anda mau," kata Eric Schmidt (CEO Google) melalui sebuah situs. (Indah PM)