Mengapa Karyawan Perlu Ngeblog?

karyawan blogTopik ini sengaja saya angkat sebagai bahan pertimbangan bagi rekan-rekan yang mungkin belum punya Blog. Jika Anda seorang karyawan, sepertinya memang perlu mempertimbangkan untuk memiliki Blog sendiri ketimbang jadi penonton saja :) Ada beberapa manfaat jika seorang karyawan memiliki Blog diantaranya :

bullet_text.gif Personal Branding
bullet_text.gif Komunitas Baru
bullet_text.gif Hobby
bullet_text.gif Curhat
bullet_text.gif Strategi
bullet_text.gif Tanggung Jawab Sosial

Kita akan coba bahas satu persatu point-point di atas.

bullet_text.gif Personal Branding
Seperti postingan saya terdahulu yang sedikit membicarakan Personal Branding ini, tiap-tiap dari kita pastinya sudah menjadikan profesi kita layaknya status pribadi kita. Kalau di kantor tentu saja semua rekan kerja kita tahu siapa
dan apa pekerjaan kita. Nah bagaimana dunia luar bisa tahu siapa kita ? Disinilah Blog berperan sebagai sarana untuk membangun Personal Branding kita. Siapa dan apa keahlian kita bisa dituangkan di Blog. Dengan rajin memposting
artikel atau apapun yang berhubungan dengan profesi kita, memberikan tips dan kiat-kiat praktis dari jenis pekerjaan kita, sebenarnya kita sudah mulai membangun “Merk Pribadi” untuk dapat dikenal dan diketahui orang banyak. Narsis ? hehehe kenapa tidak ? Toh kita juga memberikan sesuatu (informasi) yang berguna untuk para pengunjung Blog kita.

bullet_text.gif Komunitas Baru
Tidak kurang dari 8 jam sehari waktu kita habiskan di kantor. Setelah itu pulang ke rumah. Berapa banyak teman kita bertambah tiap hari ? atau tiap bulan ? Resiko menjadi karyawan adalah terbelenggunya kita oleh ruang dan waktu di kantor. Lalu apakah kita tidak berhak bersosialisasi ? berkenalan dengan orang-orang baru ? berkomunikasi dengan orang lain selain rekan kerja ? Tentu saja boleh dan bisa. Beruntung Blog dapat membebaskan ‘belenggu’ tersebut :)
Dengan NgeBlog anda PASTI mendapatkan teman baru, komunitas baru, bentuk sosialisasi baru ! Begitu efektifnya Blog sehingga kita tetap bisa GAUL dan tidak kehilangan ‘peradaban’ diluar sana. Jadi NgeBlog juga berarti ‘Memerdekakan’ kita dari ruang dan waktu akibat rutinitas pekerjaan di kantor.

bullet_text.gif Hobby
Tentu saja kalau kita bisa menyalurkan hobby kita dalam bentuk tulisan di Blog, itu adalah suatu kepuasan batin yang luar biasa. Semua orang pastinya punya hobby. Ceritakan dan berbagilah dengan orang lain di Blog Anda tentang apa yang Anda sukai. Lalu sambutlah mereka yang akan bergerak merapat ke Anda untuk saling berkisah. Ingat Law of Attraction ? Saat Anda mengeluarkan suatu energi, maka energi sejenis akan menghampiri Anda. Saat Anda dikelilingi oleh orang-orang yang satu hobby, apa yang terjadi ? Gairah hidup Anda akan semakin membara, itu pasti !

bullet_text.gif Curhat
Nah ini menarik. Tidak selalu dalam pekerjaan di kantor kita mengalami hal-hal yang menyenangkan. Kita pastinya pernah ‘bete’ atau jenuh mungkin ? Blog dapat menjadi obat yang mujarab menyembuhkan ‘penyakit’ itu tadi. Bukan cuma sahabat yang bisa dijadikan tempat pelampiasan curhat, Blog juga bisa lho. Goreskan saja semua agar hati kita menjadi lega. Tentunya tetap dengan kalimat yang asyik, jangan sampai membabi buta, takutnya pengunjung Blog kita kabur karena ngeri baca postingan kita :) Enjoy aja.

bullet_text.gif Strategi
Terkadang (bahkan sering) ide atau gagasan kita ditolak oleh bos atau rekan kerja. Entah apapun alasannya yang pasti ini membuat kita tidak nyaman. Jangan buang ide atau gagasan Anda ke tempat sampah. Tuliskan di Blog ! selama itu bukan bersifat rahasia (di perusahaan). Sekali lagi, tuliskan ide atau gagasan Anda di Blog ! Kalau ide Anda memang bagus, PASTI akan mendapat banyak response positif dari pengunjung. Mereka yang berkomentar pastinya lebih netral dan objektif dibandingkan bos atau rekan kerja Anda. Bisa jadi dari komentar yang masuk, Anda mendapatkan data dan fakta lain yang mendukung gagasan Anda. Setelah itu kembali utarakan ide atau gagasan Anda bersama ’senjata baru’ yang mendukung itu ke bos atau rekan kerja Anda. Tidak perlu ragu atau takut, coba lagi !

bullet_text.gif Tanggung Jawab Sosial
Mungkin ini sedikit berlebihan, tapi ini baik. Kalau kita punya sedikit ilmu yang bermanfaat, bagikanlah kepada sesama.
Blog merupakan sarana yang sangat tepat untuk berbagi. Memberikan apa yang kita bisa untuk bisa diikuti oleh orang lain agar bisa dimanfaatkan olehnya dan berharap bisa membantu meningkatkan entah ilmu atau kemampuan, itu adalah sesuatu yang mulia. Jadi NgeBlog juga berarti bentuk tanggung jawab sosial dari kita kepada sesama. Tuliskan, informasikan dan berbagilah. Dari Blog kita bisa membangun solidaritas sosial bagi sesama, duh :)

Nah itulah beberapa alasan dan manfaat bagi karyawan yang NgeBlog.
Apalagi kalau dikantor memang disediakan fasilitas internet, wah makin mantab :)
Bagaimana ? Ada yang ingin menambahkan ?